KEGIATAN POLSANAK POLSEK BALARAJA

IMG-20151124-WA0005TANGERANG KAB – Demi mendekatkan Kepolisian dengan anak anak, Polsek Balaraja melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) di Taman Kanak knak Nurul Arafah Villa Balaraja, Senin (22/11).

Pemahaman rambu lalulintas serta tindak tertib di jalan raya perlu diberikan kepada anak sejak dini. Langkah demikian sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas (lakalantas) pada masa-masa mendatang.

Perlu diketahui, catatan lakalantas setiap tahunnya tercatat Selain mengakibatkan korban tewas dan luka-luka, kasus tersebut juga menimbulkan kerugian materiil hingga milyaran rupiah. ”Maka dari itu kita melaksanakan program polisi sahabat anak. Program itu lebih populer dengan istilah polsanak. Adapun tujuannya antara lain melatih kedisiplinan serta menanamkan sikap santun di jalan raya kepada anak sejak dini. Program ini dilaksanakan sekarang, kita yakini akan bermanfaat bagi anak kelak saat dewasa,” kata Kapolsek Balaraja Kompol Mirodin,

Dalam kesempatan menerima kunjungan TK Nurul Arafah, Nampak dalam kesempatan itu, puluhan siswa TK Nurul Arafah, selain diperkenalkan rambu rambu lalulintas, dan upaya untuk menumbuhkan rasa cita kepada Polisi Lalulintas. mereka terlihat bersemangat saat diberikan kesempatan untuk naik dan berkeliling dengan menggunakan mobil patroli.

” Senang om, bisa naik mobil dan berkeliling dengan mobil pak polisi,” Ujar Doris, Salah seorang anak Adapun terkait pelaksanaan program, Kapolsek menjelaskan, praktik polsanak dilakukan dengan mendatangi maupun menerima kunjungan lembaga PAUD, TK dan SD.

Dalam setiap pertemuan, petugas mengajak anak-anak bermain sambil belajar mengenai dasar-dasar kelalulintasan. Semisal mengenai rambu-rambu lalulintas dan bagaimana cara menyeberang jalan yang aman. ”Biasanya kita laksanakan program Polsanak, Kami mengemas materi kelalulintasan dengan metode bernyanyi dan bermain. Adakalanya anak-anak kita beri quiz. Yang bisa menjawab benar kita kasih hadiah,” pungkasnya.

Share This Post