Dukung Kampanye Ramah Lingkungan, Polresta Tangerang Pastikan Tidak Gunakan Kantong Plastik untuk Daging Kurban

Kapolres Kota Tangerang mengajak seluruh elemen masyarakat serta instansi pemerintah ataupun swasta untuk tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah.

Menurutnya, Polres Kota Tangerang memastikan tidak akan menggunakan kantong plastik kresek yang membutuhkan waktu lama agar bisa terurai. Dia menjelaskan, kemungkinan akan menggunakan kantong plastik ramah lingkungan berbahan tepung tapioka atau pati singkong atau besek bambu sebagai alternatif wadah daging kurban.

Langkah itu, kata dia, untuk mendukung kampanye pengurangan penggunaan wadah berbahan plastik yang sulit diurai alam.

“Idul Adha masih beberapa hari ke depan, masih cukup waktu untuk menyiapkan alternatif pengganti kantong plastik seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, ataukah bahan ramah lingkungan lainnya,” ujarnya, Kamis (1/8/19)

Sabilul menyampaikan, kantong plastik kresek merupakan hasil dari proses daur ulang plastik bekas pakai yang mengandung zat karsinogen. Zat itu, lanjut dia, dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dia menyatakan, dengan menggunakan wadah ramah lingkungan, selain dapat mengurangi sampah, juga berdampak baik bagi lingkungan dan kesehatan. Selain itu, lanjutnya, penggunaan besek bambu misalnya, dapat turut membantu para petani dan para pengrajin.

Dia berharap, langkah tidak menggunakan kantong plastik dapat diikuti semua kalangan baik pemerintah, masyarakat, pengurus masjid, atau kelompok yang akan membagikan daging kurban.

“Karena upaya menjaga lingkungan, mengurangi sampah, dan menjaga kualitas kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Share This Post

Post Comment